RECIPE: SIMPLE CHOCOLATE CAKE

HELLOOOO SOBAT LAPAR!! 

I am back :D Yeay, hari ini mau nge post yang berbau coklat ;) Apakah itu? Yaaaa.....kue coklat!!! Kebetulan Opa aku ulang tahun, tanggal 2 April kemarin, soooo aku bikin kue sehari sebelumnya ;) But sorry karena baru sempat share resepnya :):):) 

Resep yang aku pakai itu dari buku "Mastering the art of Baking by Anneka Manning." Buku resepnya tebal banget, tapi aku baru sempat coba beberapa resep dan salah satunya kue coklat ini. Sebenarnya, ada beberapa bahan yang takarannya aku kurangin, dan ada yang ditambahin (improvisasi) sendiri, karena biar rasanya pas ;) 

Sebelum kita mulai, pastikan ya dapur dalam kondisi bersih, alat semua yang dipakai juga bersih, dan tangan kita pun harus bersih. Kenapa? Karena hasil dari kue akan berbeda, kue pun juga akan tahan lebih lama dan rasanya lebih yummy :9. 

Soooooo.....let's start!!!! 
Simple Chocolate Cake 
Serves 12; Preparation time 20 minutes (+cooling); Cooking time 50-55 minutes (+15 minutes chiling).

Bahan Utama:
  • 185gr mentega (unsalted butter), sudah di suhu ruang
  • 250gr gula
  • 1sdt vanili
  • 3 telur, di suhu ruang
  • 260gr self-raising flour*
  • 30gr coklat bubuk(cocoa powder)
  • 180ml susu putih

Hiasan Coklat:
  • 200gr coklat susu (milk chocolate) batangan, pada suhu ruang

Krim Coklat:
  • 125gr coklat pahit (dark chocolate) batangan, potong dadu
  • 40gr mentega, potong dadu
  • 165gr gula halus
  • 4sdt susu putih + 1sdt kopi hitam bubuk, campur

Cara membuat:
  1. Panaskan oven pada suhu 180oC. Siapkan loyang kue dengan diameter 22cm dan berikan alas kertas kue (warna putih) di dasarnya, agar tidak lengket.
  2. [Bahan Utama] Campur mentega, gula, dan vanili dalam satu mangkok besar, kemudian aduk menggunakan mixer elektrik sampai creamy dan kental. Masukkan telur satu per satu, sambil diaduk sampai tercampur.
  3. [Bahan Utama] Ayak tepung dan coklat bubuk dalam campuran no.2. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur. Lalu, sedikit demi sedikit tambahkan susu ke dalamnya. Dan aduk kembali sampai bahan benar-benar tercampur dan adonan tidak kasar.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang kue yang sudah disiapkan. Ratakan adonan di dalam loyang kue. Kemudian panggang adonan selama 45-50 menit atau saat adonan sudah tidak lengket lagi pada bagian tengahnya (dapat di periksa menggunakan tusuk sate pada bagian tengah kue).
  5. [Hiasan Coklat] Sambil menunggu kue dipanggang, dapat membuat hiasan kue. Siapkan parutan (peeler) yang biasa digunakan untuk sayur. Kemudian parut coklat batang dengan arah memanjang. (Agar coklat tidak lengket di tangan, coklat dapat dipegang menggunakan kertas kue/roti). Setelah itu, gulung coklat yang telah diparut (ukuran sesuai selera). Masukkan ke dalam kulkas agar mengeras.
  6. [Krim Coklat] Untuk membuat krim coklat, lelehkan coklat batang yang sudah dipotong + mentega di atas air mendidih (jangan sampai terkena airnya), sambil diaduk dan sampai rata. Setelah dilelehkan, campur bersama gula halus dan campuran susu dalam mangkok, dan aduk hingga tekstur mengental (seperti kirim) dan tidak kasar. Masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit, agar krim menebal dan merata.
  7. Kue yang sudah matang, tunggu sampai dingin di suhu ruang sebelum dihias. Setelah dingin, lapisi seluruh kue dengan krim coklat sampai merata (sesuai selera) dan taruh hiasan coklat yang sudah digulung tadi diatas kue.

*Apabila tidak ada self-raising flour-> campur 225gr tepung terigu + 2sdt baking powder.

Kue dapat disimpan di dalam wadah rapat di kulkas selama seminggu, dan apabila disimpan di luar kulkas, akan bertahan 4 hari dalam wadah tertutup. :) 

Btw maaf kalau bentuk kuenya agak absurd, HAHA namanya juga masih latian :D tapi setidaknya mencoba dan berlatih OKEY ;););) 

OIYA, rasa dari kue ini dari orang-orang sekitar aku yang mencicipi, mereka bilang enak, kurang pait sedikit, dan tidak terlalu manis ;) 

Selamat mencoba yap!!! Kalau mau tanya-tanya, silahkan comment dibawah sini :):):)

Updates more about sobatlapar (click) <3 


Komentar

Postingan Populer